Ingin Lewati Timnas Indonesia, Kuwait Siap Menang Telak Lawan Yordania dan Lolos ke Piala Asia 2023

Ingin Lewati Timnas Indonesia, Kuwait Siap Menang Telak Lawan Yordania dan Lolos ke Piala Asia 2023

Pelatih untuk Timnas Kuwait, Vitezslav Lavicka, memiliki ambisi yang cukup tinggi jelang menghadapi timnas Yordania di laga terakhir Grup A untuk Kualifikasi Piala Asia 2023, pada Selasa 14 Juni 2022 malam WIB. Demi lolos ke Piala Asia 2023 dengan jalur juara grup, Vitezslav Lavicka meminta anak-anak asuhnya untuk menang telak atas Yordania.

Setelah melewati dua pertandingan, posisi puncak Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 ditempati Yordania dengan jumlah enam poin (selisih gol +2). Kemudian, Timnas Indonesia (dengan selisih gol 0) dan Kuwait (dengan selisih gol +2) membuntuti di posisi kedua dan ketiga dengan tiga angka.

Timnas Indonesia berhak menempati posisi yang lebih baik karena unggul head-to-head atas Kuwait. Akan tetapi, Kuwait bisa naik ke puncak klasemen Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 jika menang atas Yordania dengan selisih dua gol, semisal 2-0, dan di laga lain Timnas Indonesia menang atas Nepal.

Jika saja skenario ini terjadi, koleksi poin dari Timnas Indonesia, Yordania dan juga Kuwait berjumlah sama, yakni enam angka. Andaikan kondisi tersebut benar terjadi, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) akan membuat klasemen mini.

Dalam klasemen mini itu nanti akan dihitung, hasil yang nantinya didapat dalam pertemuan Timnas Indonesia, Kuwait dan Yordania (hasil lawan Nepal tidak masuk hitungan). Kuwait dan juga Timnas Indonesia akan menempati posisi satu dan dua jika skenario ini terjadi. Sebab, itu dikarenakan selisih gol mereka lebih unggul dari Yordania.

Kuwait punya selisih gol +1, Indonesia 0 dan Yordania -1. Otomatis, Kuwait akan keluar sebagai juara grup, disusul Indonesia dan Yordania.

Berikut ini klasemen akhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 jika Kuwait menang 2-0 atas Yordania:

Kuwait 3-2 = 6 Poin
Indonesia 2-2 = 6 Poin
Yordania 1-2 = 6 Poin

Tentunya lolos ke Piala Asia 2023 lewat jalur juara grup diburu Kuwait. Mereka tentu tak mau malu gagal lolos ke Piala Asia 2023, mengingat berstatus sebagai tuan rumah kualifikasi.

“Tujuan kami adalah mendapatkan kemenangan besar. Kami harus membuat beberapa perubahan untuk pertandingan melawan Yordania, mengingat jarak pertandingan yang sangat mepet,” kata Vitezslav Lavicka mengutip dari laman resmi AFC.

Menarik menanti siapa yang mewakili Grup A untuk tampil di Piala Asia 2023. Apakah Timnas Indonesia, Yordania dan Kuwait? Nantinya, hanya juara grup dan lima runner-up terbaik yang diizinkan lolos ke Piala Asia 2023.

Filipina Berpotensi Digagalkan Timnas Indonesia untuk Lolos ke Piala Asia 2023

PELATIH Timnas Filipina, Thomas Dooley, menyebut timnya masih berpeluang lolos ke Piala Asia 2023. Ia tak terganggu dengan potensi timnya digagalkan Timnas Indonesia dan Malaysia jika kalah dari Palestina di matchday pamungkas Grup B Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sabtu, 11 Juni 2023 siang WIB, The Azkals –julukan Filipina– menghadapi tuan rumah Mongolia di matchday kedua Grup B. Hasilnya, Filipina menang 1-0 lewat gol yang dilesakkan Gerrit Holtmann pada menit 90+3.

Namun, peluang Filipina untuk lolos ke Piala Asia 2023 tak terlalu besar. Sebab, di matchday pamungkas mereka bakal bertemu Palestina pada Selasa, 14 Juni 2022 siang WIB.

Jika menang atas Palestina, Filipina otomatis lolos ke Piala Asia 2023 lewat status juara grup. Namun, tentu takkan mudah mengalahkan Palestina yang di laga terkini menang 5-0 atas Yaman.

“Kami menang atas Mongolia dan masih berpeluang lolos ke Piala Asia 2023. Selanjutnya, kami akan menghadapi Palestina, yang gaya bermainnya sangat berbeda dengan Mongolia,” kata Thomas Dooley mengutip dari laman resm AFC.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )