Timnas Indonesia Vs Nepal, Laga Krusial Untuk Tiket AFC 2023

Timnas Indonesia Vs Nepal, Laga Krusial Untuk Tiket AFC 2023

Timnas Indonesia akan menghadapi Nepal pada laga pamungkas Kualifikasi Piala Asia AFC 2023. Akankah ini akhir dari penantian 15 tahun Indonesia?

Indonesia dan Nepal akan bertemu di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kota Kuwait pada Selasa (14/6) WIB atau Rabu (15/6) dini hari WIB mulai pukul 02:15.

Indonesia harus mengalahkan Nepal untuk setidaknya lolos sebagai runner-up teratas. Indonesia saat ini duduk di posisi terakhir klasemen untuk tiket runner up dengan tiga poin, setelah kalah selisih gol dari Malaysia di Grup E.

Jika bisa mengalahkan Nepal dan lolos ke Piala Asia AFC 2023, Timnas Indonesia berhasil mengakhiri masa penantian 15 tahun untuk bangkit di turnamen sepak bola terbesar di Asia itu.

Terakhir kali timnas Indonesia bermain di Piala Asia adalah pada edisi 2007, itupun tim merah putih bermain sebagai salah satu dari empat tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Sejak 2007, Indonesia tidak pernah bermain di Piala Asia. Setelah gagal lolos ke Piala Asia AFC 2011 dan 2015, Timnas Indonesia didiskualifikasi dari kualifikasi Piala Asia AFC 2019 karena sanksi FIFA.

Timnas Indonesia saat ini duduk di peringkat kedua Grup A kualifikasi Piala Asia 2023, tertinggal tiga poin dari Yordania di puncak klasemen dan unggul dari Kuwait.

Kemenangan atas Nepal hampir pasti menjamin tim Indonesia lolos ke Piala Asia 2023, yang belum ada tuan rumah menyusul keputusan China untuk mundur.

“Kami masih memiliki pertandingan lain [melawan Nepal],” kata pelatih Indonesia Shin Tae-young. “Kami harus mendapatkan tiga poin, jika kami bisa, itu akan menjadi hasil yang bagus. Secara keseluruhan, saya puas dengan performa di pertandingan ini.” Setelah kekalahannya oleh Jordan.

Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Nepal Jelang Kualifikasi Piala Asia 2023

Timnas Indonesia akan menghadapi pertandingan do-or-die melawan Nepal di babak ketiga atau final kualifikasi Grup A Piala Asia AFC 2023, Rabu (15/06/2022) pukul 02:15 WIB.

Pertandingan antara Indonesia dan Nepal akan berlangsung di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad di Kuwait. Garuda harus menang untuk menjaga harapan lolos ke final tetap hidup.

Merujuk pada klasemen sementara Grup A, tim Indonesia masih tertahan di peringkat kedua dengan raihan tiga poin dari dua laga.

Pasukan Garuda terpaut tiga poin di belakang Jordan, yang duduk di puncak klasemen berkat kemenangannya dalam dua pertandingan, khususnya melawan Nepal dan Indonesia.

Di bawah klasemen Timnas Indonesia, ada tuan rumah Kuwait yang juga mengantongi tiga poin, namun harus berada di peringkat ketiga karena kalah poin melawan Indonesia.

Sementara Nepal ada diposisi terakhir di klasemen, mereka tidak mengambil poin satupun berkat dua kekalahan dan tentu saja tidak ada harapan lolos.

Situasi ini membuat tim Indonesia kini bersaing ketat dengan Yordania dan Kuwait untuk lolos ke Piala Asia 2023 sebagai juara Grup A.

Selain berpeluang lolos melalui jalur juara grup, pasukan Shin Tae-yong juga bisa melaju ke babak final dengan menjadi lima runner up terbaik.

Namun, peluang Indonesia lolos tidak mudah. Selain harus menang, itu sangat tergantung pada hasil tim lain baik di grup mereka maupun di grup lain.

Selain pertandingan di Nepal, nasib tim Indonesia bergantung pada hasil pertandingan antara Kuwait dan Yordania (Grup I), Palestina melawan Filipina (Grup Dua) ​​dan Malaysia dan Bangladesh (Grup E).

Pertandingan Kuwait-Yordania akan mempengaruhi tempat terakhir tim Indonesia di Grup A. Jika mereka berhasil mencetak kemenangan besar atas Nepal (empat gol atau lebih) dan sebagai balasannya, Kuwait mengalahkan Jordan 1-0, maka tim Indonesia Garuda akan otomatis lolos melalui jalur pemenang grup.

Hal ini bisa terjadi karena ketiga tim sudah mengumpulkan 6 poin. Namun tim Indonesia akan memiliki selisih gol +4 dibandingkan dengan Kuwait dan Yordania yang masing-masing +2.

Sedangkan jalur lima runner-up terbaik bisa diraih Indonesia dengan berharap posisi runner-up di grup lain gagal menyentuh enam angka.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )