4 Tips Hemat BBM Dalam Perjalanan Mudik Lebaran

4 Tips Hemat BBM Dalam Perjalanan Mudik Lebaran

Arus mudik Lebaran kemungkinan akan mengalami kemacetan sehingga penggunaan BBM semakin boros.

Kondisi ini bisa membuat para pemudik khusus nya yang menggunakan kendaraan pribadi tekor, apalagi dengan naiknya harga BBM.

Namun, ada beberapa tips menghemat BBM saat mudik Lebaran. Hal ini dapat dilakukan dengan mengubah gaya mengemudi Anda selama perjalanan.

Berikut 4 tips berkendara agar mobil lebih irit BBM saat mudik Lebaran 2022, dikutip dari situs resmi Auto2000:

Tips Menghemat BBM Kendaraan Saat Mudik Lebaran

  1. Singkirkan kebiasaan pengereman mendadak

Saran pertama adalah kurangi kebiasaan mengerem mendadak. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih tinggi karena kecepatan kendaraan berkurang secara signifikan. Dengan cara ini, mesin membutuhkan lebih banyak tenaga untuk kembali normal.

Jika kebiasaan ini diulang terus menerus, konsumsi bahan bakar akan lebih boros. Oleh karena itu, bagi pengguna mobil matic atau manual, tidak disarankan melakukan pengereman mendadak secara terus menerus.

  1. Tidak berakselerasi sepontan

Selain itu, pengemudi tidak disarankan untuk melakukan akselerasi secara mendadak atau spontan saat perjalanan pada hari Lebaran 2022. Hal ini akan mengakibatkan borosnya bahan bakar nantinya.

Baik mobil manual maupun matic bisa boros bahan bakar akibat akselerasi mendadak ini. Pengemudi juga disarankan untuk menginjak pedal akselerator secara perlahan agar bahan bakar lebih efisien.

  1. Tidak agresif saat berkendara

Seperti disebutkan di atas, gaya mengemudi adalah salah satu alasan pemborosan di dalam mobil. Oleh karena itu, mengemudi agresif tidak dianjurkan untuk semua penumpang.

Sekalipun jalan dalam keadaan kosong atau kosong, pengemudi tidak disarankan untuk mengemudikan kendaraannya sampai mesin mendecit. Kondisi ini akan membuat bahan bakar semakin boros.

  1. Jaga jarak

Tips berkendara hemat BBM saat pulang di waktu lebaran 2022 adalah dengan menjaga jarak dengan mobil di depan. Ini terkait dengan tip pertama, yaitu menghindari pengereman yang tiba-tiba.

Jika kendaraan di depan Anda melambat, pengemudi tidak disarankan untuk segera mengerem.

Anda harus menggunakan rem mesin terlebih dahulu. Jika jaraknya terlalu dekat dengan kendaraan lain, gunakan pedal rem.

Itulah tadi 4 tips dan trik hemat BBM mudik Lebaran tahun ini.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )